Recent Post
martabak manis hari lebaran
martabak manis hari lebaran

Inilah makanan rakyat jelata..... hampir di setiap pinggir jalan kita akan nemuin tukang jualan martabak.... di lapangan depan komplek.... yes... di depan gang yes..... di depan trotoar ... yes ampe di tempat sepi kadang kadang ada aja tukang martabak... yes

kebetulan masi suasana lebaran.... tak dinyana tak disangka saya temuin juga tukang martabak yang masi jualan..... langsung saja saya hampiri dan pesan martabak keju, kebetulan kalo rasa yang lain zauzah ga begitu suka.....

sret sret sret... si abang martabak menyiapkan pesanan saya..... ga sampe berpuluh menit martabak keju sudah jadi....... penuh mentega....... terlihat sakit gigi ini memandangnya.....

saya bawalah itu martabak ke rumah.... alhamdulillah ... zahidah dan zauzah lahap sekali memakannya.....tak tersisa...dalam 30 menit....... masha Alloh.
martabak keju 18 rebu
maratabak manis 18k


0

warung makan penyet hot
warung makan penyet hot

 lebaran kemaren kita mudik ke Bandung....... singkat cerita... kita jalan jalan cari makan.... eh pada tutup semua..... iya lah.... hari lebaran.......

sudah berjam jam kita susuri jalan jalan di Bandung, sampai tiba kita di daerah jalan.... apa yah namaya.... saya lupa........ jalan suci kalo ga salah..... eh ada warung yang buka ... masha Alloh

langsung saja kita masuk... liat liat menunya....... kita pesen ini.... pelayan bilang kosong pak,... kita pesen itu,... dia bilang lagi kosong pak....... ngik... ini itu kosong.... padahal menunya banyak......

ya sudah kita pesen yang ada stok nya ajah...... bebek goreng, sayap ayam, dua sambel korek, es jeruk sama es teh manis,... zahidah engga di pesenin apa apa soalnya dia lagi tidur..... ga usah dibangunin.... hahahaha...

tak lama menunggu makanan datang...... yeeeay

bebek goreng penyet hot
bebek goreng
bebek gorengnya enak... masha Alloh... mungkin memang kita sudah sejak tadi..... tetap tida se enak bebek pak ndut...... dan sambelnya juga ... walaupun sama sama namanya sambel korek ... tapi sensasinya ko beda yah... sama bebek pak ndut.....  

sayap ayam penyet hot
sayap ayam
ini pesenan zauzah,.... sayap ayam..... iya sayap ayam...... idih..... sayap doang .... saya ga habis pikir.... mana ayam negeri lagi.......tapi ya sudahlah...... alhamdulillah semuanya abis........ kecuali es jeruknya...... jeruk busuk.........

alhamdulillah.... berhubung engga ada yang buka..... makan di sini enak....... kecuali es jeruknya.... mudah mudah warung ini kedepannya sadar kalo jeruk busuk ga usah dikasi ke pelanggan.... biar laku... insha Alloh.

es jeruk busuk
es jeruk busuk dan es teh manis
walau tampilannya menyegarkan..... itu es jeruk ga bisa keminum sama kita.... jeruknya busuk.... Subhanalloh.







0

makan siang di afc
Asih Fried Chicken

hari itu adalah hari raya ... yeaaay......

hari kemenangan.... yeaaaayyy......

idul fitri......... yeaaaayyyy...

kembali suci ...... yeaaay...

tunggu dulu kawan.......

idul fitri itu bukan kembali suci.... tapi kembali berbuka (boleh makan).....

meskipun tidak menutup kemungkinan banyaaak yang kembali suci..... bersiiiiiiiiiiiihhhhhh.....

apa sih.... ya sudahlah....

kita pergi ke cililin ... ketemu emak......kebetulan zauzah susah sekali kalo diajak bepergian jauh... karena dia suka mabok kalo naek mobil..... oh tidak..... apa kata dunia
kali ini kita pergi ke cililin ,... bersama zauzah... dan zahidah.... yeaaaay...

H+1... kita berangkat pukul tujuh nyampe cililin pukul delapanan..... yeaaay...... ternyata emaknya lagi pergi.......alhamdulilllah.

ada.... mang dadang, bi ama, bi nea ,.   dan anak anaknya yang samar samar saya kenal namanya..... alhamdulillah sehat semua....

ga lama kita pulang lagi karena emaknya ga ada lagi ke cibeureum katanya.... hahaha...

pulangnya di jalan kita cari makan.... eh engga ada yang buka selain tukang bakso ..... zahidah mau makan nasiiiiii........

sudah berkilo meter kita lewati tanpa ada warung makan ... tiba tiba di pojok sana... ada warung cepat saji lokal.... namanya kalo ga salah Asih Fried Chicken...... masha Alloh....

ya kita berhenti di situ saja.... zahidah sudah lapar.... kita pesen nasi ayam buat zahidah...... zauzah mau sosis..... saya bingung .... akhirnya ceker ayam.... ngik.

nasi ayam
sepuluh rebu saja
nasi ayam nya ... sungguh sangaaaattt......... biasa...... alhamdulillah... zahidah makan beberapa suap.... maklum lah sepuluh rebu...

sosis bakar pedas
sepuluh rebu juga
sosisnya masha Alloh.... nikmat...... ( kata zauzah)
dan eng ing eng inilah dia... ceker ayam...
seblak ceker
kurang dari sepuluh rebu
judulnya sih seblak ceker.... eh kirain ada kerupuk seblaknya..... tapi ternyata ceker aja.... alhamdulillah...... enak.... walau belum begitu empuk cekernya... tapi nikmatnya terasa.... apalagi di tambaha nasi yang ga dimakan sama zahidah..... slurrrup... mantap.

ditambah jus alpukat sama jeruk ... engga nyampe lima puluh rebu.... masha Alloh.



0

sambel ableh warung kawa
sambel ableh warung kawa

hari itu sepulang kerja lelah sekali..... kita belum punya makanan untuk berbuka..... lalu timbullah sekelebat ide........... mari kita  buka di rumah abah aja..... yaaaay .. ok ... kita berkemas kemas..... langsung berangkat....... ngeeng

tapi sebelum itu zauzah pengen mampir dulu ke qwerty buat beli sepatu dan hijab ungtuk zahidah... yah sudahlah kita mampir dulu.... ternyata sudah ngubek ngubek lama... ga ketemu tuh hijab... pergilah kita ke robbani di daerah taman topi yang terkenal macet itu... aduuuuh gumam saya dalam hati... mana udah mau maghrib lagi........ ya.....ok ..... nemu juga akhirnya .. hijab buat zahidah......

lewat depan kantor polisi eh ternyata polisi bagi bagiin kolak.... kirain lagi razia....

karena sudah terlalu mepet untuk berbuka... maka kita putuskan untuk mampir ke warung kawa deket deket situ... warung yang jual macem macem.... kalo di bandung itu kaya ampera lah...

kita pesen ayam bakar dan bebek goreng plus ikan balita.... yup... zahidah biar remah remahnya aja

sambil menunggu zahidah dengan nikmatnya menyeruput kolak yang dibagiin polisi tadi ......ngik

zahidah makan kolak
zahidah makan kolak



zahidah makan kolak



tak terlalu lama menunggu datanglah dua cobek besar sambel..... yang satu sambel tomat yang engga pedes, yang satu sambel ableh yang pedesnya luar biasa..... dan warung ini ga pelit sama sambel... kita dikasih dua cobek besar.... masha Alloh.
sambel tomat
sambel tomat n sambel ableh
 teman teman nasi  nya juga udah dateng... yeaaay.... tapi adzan belum kedengeran dari tadi,........ aduh

sedetik dari itu.... adzan pun berkumandang .. kita langsung hajar saja itu nasi dan koleganya... bismillah

bebek goreng warung kawa
bebek goreng 20 rebu an



ayam bakar warung kawa
ayam bakar 15 rebu an
alhamdulillah .... enak sekali......  itu sambelnya pedes luar biasa..... sambel ableh cuman ngambil satu sendok...... selebihnya saya beralih ke sambel tomat aja.... itu pun masi pake kecap..... kata zauzah sih sambelnya aneh.... mungkin dia terbiasa dengan sambal korek yang mahadahsyat itu.. tapi iya juga sih ... mungkin karena ada batang serai dan bawang merah dan mungkin rempah lain yang dimasukin ke itu sambel...... jadi sedikit mengganggu pedasnya itu sambel.... ga seperti sambel korek yang lugas dan tegas menonjolkan rasa pedas gurihnya.

ayam bakarnya dilumurin bumbu kacang gitu... jadi gurih sih..... yah...... tapi rasa ayamnya jadi sedikit minder......kayaknya sih..... tapi makanan ini enak luar biasa.... masha Alloh
bebek gorengnya masih melawan kita digigit.... rupanya ini bebek gagrak surabaya yah kali.... tapi... rasa bebek nya ilang..... seperti ayam saja....... bebek rasa ayam ... begitu kata zauzah . ... tapi ini juga enak.... alhamdulillah.........

ikan balitanya saya ga sempet nyobain.... abis sama zahidah...... waduh




seratus rebu melayang dah .......



0

hari ini ada iftar jama'i (bukber) yeeeaaay ... akhirnya....

tapi istri saya ama zahidah harus saya anter dulu ke cilendek ... kesian kalo ditinggal di rumah....
jasetengah empat abis ashar kita langsung meluncur ke cilendek......... ngeeeng
nyampe di sana pukul setengah limaan..... saya langsung balik lagi ke ciapus .... ngeeeeeeeeeeng...

iya nyampe di sekolah udah mau magrhib karena di jalan macetnya luar biasa..... iiiiyyh serem
anak anak udah pada ngumpul lagi dapet tausyiah dari mudir... saya nyelinap aja ke ruang tunggu ... eh emang ternyata ruangannya udah disiapin buat bukber...... menunya adalah nasi kebuli..... nasi kebuli ayam tapinya  ... ga pake kambing....... ngik

nasi kebuli ayam
nasi kebuli ayam + esbuah dan kurma 

semuanya sudah berjejer...... saya buka satu .... biasalah ... saya poto dulu.....

maka diantara waktu yang paling di ijabah apabila berdoa adalah waktu dimana orang yang berpuasa mau berbuka...... maka dari itu para ustadz semakin khusyu berdoa... berhubung magrhib sedetik lagi mau tiba.... masha Alloh.
berdoa sebelum berbuka
berdoa saat mau berbuka

adzan pun berkumandang....... bismillah..... kurmanya lembut masha Alloh...... nikmat sekali
nasi kebulinya pun tak kalah hebat nikmatnya..... walau sudah dingin .... tapi enak sekali ... alhamdulillah....... semoga anak anak didik kita menjadi orang yang soleh semua, pembawa tauhid , pembela terdepan agama Alloh...... amin





0

bebek pak ndut
bebek pak ndut

sehari sebelum ramadhan yang kebetulan hari ahad itu, istri saya mengajak kami ( saya dan zahidah ) untuk jalan jalan mencari baju koko buat saya yang warna biru dongker , kenapa? ... karena udah janjian sama keluarga besar cilendek lebaran kali ini tema warnanya adalah biru dongker... tapi alasan utamanya adalah.... biar ntar kita engga usah pergi pergi lagi belanja di akhir bulan  ramadhan... kita bisa fokus ibadah... insha Alloh....

eh ternyata sulit ..... ga ada yang cukup bajunya... secara tubuh ini kayak raksasa butuh ukuran 4xl... yah.... gimana dong....... hari itu kita jalan jalan panas sekali.....  aduh... mana bawa zahidah lagi... kita mampir dulu ke taman topi.....  biar zahidah sedikit hepi
zahidah di taman topi
zahidah dan ayahnya

singkat cerita .... dapetlah tuh baju gede... warna biru tua... ya sudahlah... walau agak sempit sedikit.... kali aja lebaran mah perutnya sedikit menciut..... ambil... sreseeet.... langsung saja kita makan siang...... setelah berdialog sama istri saya selama satu setengah jam.... akhirnya kita tentukan makan siang bebek pak ndut...... karena di situ tempat solatnya lumayan nyaman. ... iya sudah ... bebek pak ndut... berangkaaaaat..

tempatnya deket air mancur, jalan pajajaran kalo ga salah... iya.... kita pesan... kita solat... kita makan ... yeeeey....... 

karena bebek itu lumayan mahal menurut kami... jadi kami pilih paket saja .... dua paket.... buat zahidah nasi putih aja sepiring.... eh  trus tambah tahu penyet dah satu...... ok... mudah mudahan ga terlalu mahal..... ga nyampe seratus rebu..... ngik

nasi bebek pak ndut
paket bebek 28 rebu
makanan pun tiba.... hap hap hap..... habis dalam sekejap... subhanalloh

bebeknya enak sekali .... apalagi ada lalap daun pepaya yang engga pait itu percis kaya di bebek pak slamet....... iya bener.... masha Alloh

nasi pake daun pepaya di cocol sambel korek uggh..... itu saja sudah melempar saya ke langit ke lima.... melayang layang ...... enak sekali.....

sambelnya pas sekali, menemani gurih bebek yang masih menggeliat di keempukan dagingnya... iya bebeknya empuk sekali ...... tapi rasa bebeknya masi ada.... sempurna ... masha Alloh

makanannya sudah habis

biar tulisan ini keliatan ada manfaatnya sedikit, berikut adalah manfaat daun pepaya buat tubuh kita

- daun pepaya itu mengandung zat anti kanker...... luar biasa
- mengandung karfain yang menghambat pertumbuhan bakteri
-.meningkatkan imunitas tubuh, banyak mengandung vitamin A,C, E dll
- sebagai profilaksis.... anti malaria tjuy
- sebagai pencegah demam berdarah
-. pereda nyeri haid ... yang suka begitu
- membantu pencernaan gluten gandum
- membantu penyakit pembesaran prostat
- daun pepaya bisa ngatasin jerawat... subhanalloh
- meningkatkan trombosit
- mencegah katarak
- mencegah enfisema yang berhubungan dengan paru paru

luar biasa bukan.....

dan berikut adalah manfaat daging bebek buat tubuh kita........

- ehmmm... apa yah...... ntar aja lah saya cari lagi bahannya ......


0

nasi rendang
nasi putih anget diguyur bumbu rendang dan secuil dagingnya

lagi... malem ini hujan turun deras sekali..... melengkapi suasana malam ini yang gelap karena mati lampu.... sempurna.

untung sebelumnya sudah beli lauk di warung padang , jadi ga usah khawatir............. tapi nasinya ga ada..... beli lauknya doang ga pake nasi.... maklum lah..... masyarakat menengah hidupnya bersahaja.
 
sekira jam delapan lampu sudah terang lagi... alhamdulillah..... kita bisa bikin nasi.... yeeeeaaaaay
kita ga bisa bikin nasi pake kompor .......bisanya pake rice kuker aja..... ngik

jadi kita harus menunggu beberapa saat lagi untuk makan malem....... sambil nungguin zahidah tidur juga.

beberapa puluh menit berlalu, zahidah sudah terlelap, nasi sudah matang..... dan istri saya cantik sekali malem ini........sempurna ha ha ha..... ih apa sih

langsung saja istri saya menyiapkan makan malem kita berdua .... sungguh romantis sekali.......

menu makan malem
menu malem ini boleh beli dari warung padang di belokan

ada tiga bungkusan....... bungkusan pertama rendang satu biji dengan bumbunya yang banyak..... bungkusan kedua kikil satu biji....... bungkusan ke tiga sambel ijo.... eh sambel ijonya kena charge dua rebu.... warung padang yang aneh..... rendang sepuluh rebu kikil empat belas rebu... jadi totalnya dua puluh enam rebu rupiah....... makan malem hari ini...... nasi ga di itung soalnya gratis..... gratis dikirimin dari mertua di cilendek...... semoga Alloh menggantinya dengan lebih banyak dan lebih baik.


satu per satu bungkusan itu di buka... aroma khas masakan padang sudah tercium harum memenuhi ruangan kecil tiga kali tiga meter yang kita jadikan tempat makan kali ini..... iya emang di sini setiap hari juga.... ga ada tempat lain.

gulai kikil
kikil dengan gulai menggugah selera

untuk menghemat mangkok, supaya cucian pring tidak terlalu menumpuk..... kita langsung awurin saja rendangnya di atas nasi...... sebelumnya daging rendang itu kita bagi dua , saya dapet secuil, istri saya dapet secuil...... ouh.... roomantis... ngik

nasi rendang
nasi dengan secuil rendang

kita mulai......... nikmat sekali.... alhamdulillah, bumbu rendangnya, kuah gulainya, sambel ijonya..... semuanya nendang..... nonjok ....... ampun dah.... rendangnya itu tidak terlalu empuk tidak juga terlalu keras... pas sekali teksturnya... dan bumbunya itu.... wow..... meningkatkan performa rendang itu 100 kali lipat...... ngeeeeng...... kikilnya empuk... iya empuk..... mudah sekali di lepas dari tulangnya..... dicampur kuah gulainya yang gurih berminyak..... ouh ....... dan sambel ijonya itu sebagai killing punch...... sempurna.









0

makan samenan
makan di acara samenan

hari ini ada kajian akbar di masjid Ali, masjid terbesar di lingkungan tempat kerja saya dalam rangka menyongsong Ramadhan, jam enam saya sudah meluncur dari cilendek menuju ciapus kebetulan malemnya saya nginep di rumah mertua di cilendek... sreeet .. saya mampir dulu ke rumah untuk mandi karena dari cilendek saya engga mandi....
kira kira jam setengah delapan saya sudah berangkat ke masjid, masha Alloh yang dateng udah banyak.... mungkin ada kali lima ratus orang tumplek di masjid itu....ya kajian di mulai ....sampai dzuhur...... saya agak ngantuk....... iya .. ngantuk ... mungkin karena duduk saya deket kipas angin.... ngik
kajiannya luar biasa......... kalo henpon butuh di charge.... jiwa ini juga..... kajian tadi seperti mencharge jiwa ini menjadi bertenaga kembali untuk tetap berjalan di atas tauhid.
ok... jam satuan saya pulang ke cilendek karena zahidah sama istri saya masih di sana... rencana kita nginep lagi hari senen besok kita berangkat kerja dari cilendek..... ngeng, tiba di cilendek ternyata mamah mertua saya ( beliau di panggil emah) sudah nunggu dari tadi.... kita mau ke cibatok... kaka ipar ada acara perpisahan (samenan) sekolahnya disana.... kebetulan kaka ipar saya yang di cibatok itu punya sekolahan gitu.... berangkatlah kita berempat... eh belima sama zahidah.......... ngeeeng..... ke cibatok.

cibatok jauh juga yah........ macet lagi di daerah IPB dramaga.......singkat cerita sampailah di sana.
dateng ke cibatok ko saya lemes ya... oh saya belum sarapan.... apalagi makan siang ... sedang ini udah ashar........ oh tidaaaaaak

ok ......ternyata acara perpisahan paud.... seperti hajatan.... warga pada dateng nyumbang makanan.... macem macem... tapi rata rata makanan dan kue tradisional.... ya walau saya laper saya ga tertarik sih.....

tapi mata saya melirik ke bungkusan hijau yang ada gosongnya di pinggir sana... tampak menarik.... saya pegang eh ternyata masi anget..... terpaksalah saya buka..... eh ternyata isinya lemper.... tapiii.... ini ko ketannya warna ijo...aneh sekali....... saya iciplah itu lemper aneh...... dan wush.... aku terbang... ini lemper enak sekali..... iya enak.... isinya gurih sekali... potongan ayamnya cukup besar besar dengan bumbu kuat yang khas..... dibalut dengan ketan warna ijo itu..... masi hangat lagi.... ouh masha Alloh.....
lemper ayam ijo
lemper ijo itu

dan di pojok sini ada lemang.... sudah dibersihin bambunya ......kulit gosongnya di kupas.... jadi bambunya udah kaya daun pisang bisa di potong pake piso dapur biasa... katanya dimakannya ama tauge... hah.... tauge.......  sayang taugenya lagi kosong katanya..... alhamdulillah... rasanya lemangnya yah gitu aja... kayaknya gurihnya kurang nendang beda sama lemper tadi........

saya lirik lagi di sebelah sana ada semangka.... yah ini dia ....semangka.... seger nian... subhanalloh....

semangka merah
semangka di pojok sana

dari tadi si zahidah baik sekali... engga rewel... diem aja... malah lagi asik makanin baso yang di beli di depan ..... baso lima rebu rupiah..... semoga basonya tidak pake bahan macem macem yah.....


zahidah makan bakso
zahidah makan baso

ok .. saya pikir pikir lagi saya kan lagi laper berat.... mana nasiiiinyah..........sudah menunggu kira kira satu setengah jam.... akhirnya dateng juga rombongan nasi bersama koleganya..... sungguh berkarisma sekali itu nasi putih.....

menu makan enak
menu kita malem ini

saya langsung serbu aja itu rombongan..... ada sate ayam, ada tumis kacang panjang, ada bihun, ada mie ,dan di ujung sana ada ayam bakakak...... yah itu dia yang menarik perhatian saya ....... ayam bakakak.... terlihat menggoda sekali untuk di coba....... setelah piring saya di kasi nasi di atasnya... saya comotlah itu paha ayam bakakak...... tak lupa sejumput sate ..... yang lain saya abaikan saja....
saya coba itu ayam panggang...... ooouuuuhhhh...... saya merasa terle

mpar ke langit ke dua...... gurih yang sangat memesona memainkaniramanya di mulut ini... sangat pas sekali..... kulit luarnya yang kering karena memang dipanggang tidak menyebabkan daging di dalamnya ikut kering..... empuk .... walau tak seempuk pindang ecot.... iya ini ayam kelas dunia.... luar biaisa....... abaikan saja sate ayamnya kita comot lagi ayamnya ... tambah lagi nasinya ... comot lagi ayamnya ... sampai istri saya mencubit saya..... menjatuhkan saya yang sedang mengawang di langit ke dua tadi.... ngik

ayam bakakak panggang
ayam bakakak panggang bersama kolega
sudah makan.... maka sudah pula petualangan kita hari ini.... udah jam delapan malem... kita pulang... karena ini di daerah antah berantah... kita melewati kebun bambu... jurang... gelap ... ih serem dah
zahidah juga tidur lelap..... dan semua penumpang juga.... tinggal saya sendiri... ih serem

0